Sistem Pakar Berbasis Logika Fuzzy Tsukamoto Untuk Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Tebu

Main Article Content

Perawati Perawati Hanny Haryanto Setia Astuti

Abstract

Salah satu faktor utama penyebab menurunya hasil produksi gula karena adanya serangan dari hama dan penyakit  pada  tanaman tebu, sehingga terjadi nya penurunan hasil panen dan produksi gula nasional .petani tebu sebagai pemasok tebu kurang mengetahui gejala awal yang di timbul kan oleh penyakit yang menyerang  tanamannya, hal ini cukup mempengaruhi hasil produksi gula dan menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan gula, sehingga  tidak hanya petani yang mengalami kerugian tetapi pemerintah juga ikut dirugikan. Sistem pakar adalah bagian dari kecerdasan buatan,orang yang mempunyai pengetahuan,pengalaman dan ahli dalam bidang tertentu. Sistem pakar yang diharapkan bisa membantu para petani, rancangan dalam sistem ini memakai aturan If-THEN-RULE  yang di bentuk dalam fungsi keangotaan dengan variabel  Tunas,Batang dan Daun sebagai Refrentasi pengetahuan Fuzzy Tsukamoto .Berdasarkan data yang digunakan, sistem dapat medeteksi penyakit yang menyerang tanaman tebu dengan tingkat akurasi sebesar 88.889%. dengan hasil tersebut dapat disimpulakan sistem pakar yang sudah dibangun mengunakan metode Fuzzy Tsukamoto dapat digunakan dan berfungsi dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] S. Nurhayanti, “Jenis Hama Dan Pengendalian Pada Tanaman Tebu.” .
[2] S. Hidayat and L. Belakang, “APLIKASI UNTUK MENDEKTEKSI JENIS PENYAKIT PADA TANAMAN TEBU DAN CARA PENANGANANNYA,” UNIKOM, vol. 1, pp. 1–7, 2010.
[3] Y. Y. Fitri Yuniarti, “SERANGAN CHILO SACCHARIPHAGUS PADA TEBU DI WILAYAH PROVINSI JAWA TIMUR PADA BULAN AGUSTUS 2013,” vol. 1, pp. 0–5, 2013.
[4] T. Crop, E. Statistics, and O. Indonesia, “TEBU (SUGAR CANE),” Direktur Jendral Perkeb., no. December 2014, pp. 1–50, 2015.
[5] R. Ardiansyah, “Peranan Teknologi Informasi Dalam Aspek Pembangunan Pertanian,” Univ. Jember, vol. 1, pp. 1–7, 2015.
[6] D. V. S. T sutojo S.Si, M.Kom, Edy Mulayanto S.Si, M.Kom, Kecerdasan Buatan. ANDI Yogyakarta, 2011