Sistem Penunjang Keputusan Menentukan Kelulusan Mahasiswa Dengan Metode Profile Matching

Main Article Content

Muhammad Fauzi

Abstract

Kelulusan merupakan target yang ingin dicapai oleh setiap mahasiswa, tentunya dengan nilai yang bagus. setiap mahasiswa harus belajar dengan keras untuk mendapatkan nilai yang bagus, seiring berkembangnya zaman beberapa masalah muncul dalam penilaian mahasiswa. Sekarang mahasiswa bisa lebih pintar dari pada dosennya dikarenakan banyaknya sumber yang bisa didapat didunia maya. Dengan itu mahasiswa lebih lugas mencari sumber yang bagus dalam pengerjaan tugas yang diberikan dosennya, hal ini membuat mahasiswa malas membaca atau membeli buku untuk pelajaran mereka karena canggihnya alat dan fitur di dunnia maya untuk mencari data, semua tugas dikerjakan dengan system copy dan paste, dengan sedikit pembaharuan dan pergantian beberapa kata tugaspun selesai dikerjakan tanpa harus bersusah payah dalam mencari data. Memang hal ini masih menjadi pro dan kontra karena tidak semua mahasiswa seperti itu. Hal itu yang membuat dosen kesulitan memberikan nilai. Dengan permasalahan itu dicarilah penyelesaian dengan menggunakan beberapa hitungan untuk kelayakan kelulusan mahasiswa pada setiap pelajaran.  Oleh karena itu penulis menggunakan metode profile matching untuk membantu penilaian kelayakan kelulusan mahasiswa. Diperuntukkan sebagai penilaian untuk mahasiswa agar mendapat nilai sesuai kontribusi dan yang mereka lakukan, hal ini lebih adil dan membut posisi dosen tidak goyah dan lebih adil dalam menilai. Ada beberapa kriteria dasar yang digunakan untuk menentukan kelayakan kelulusan mahasiswa  yakni, absensi, tugas & quiz, ujian tengah semester dan ujia akhir semester. Sistem yang dibangun mampu memberikan rekomendasi peringkat dari mahasiwa dengan bobot nilai mahasiswa yang diurutkan berdasarkan nilai bobot tertinggi pada suatu matakuliah tertentu yang diampu mahasiswa dan tentunya cara ini sangat adil dan logis untuk menilai mahasiswa pintar yang kadang mau bermasalah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Susanti, NIla, 2013, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan kualitas kayu untuk kerajinan
meubel, Jurnal Sarjan Tekhnik Informatika,ISSN : 2338-5197, Universitas Ahmad Dahlan.
[2] Yusnita, Ameli, dkk, 2012, Sistem Pendukung Keputusan Menentuan Lokasi Rumah Makan Yang Strategis Menggunakan Metode Naïve Bayes, Seminar Nasional Teknologi Informasi, ISBN : 979-26-0255-0, STMIK Widya Cipta Dharma.
[3] Faizal, edi, 2014, Implementasi Metode Profile Matching Untuk Penentuan Penerimaan Usulan Penelitian Internal Dosen Stmik El Rahma, Jurnal SPEED Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol. 6, Yogyakarta, STMIK El Rahma.
[4] Hilyah, Magdalena, 2012, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mahasiswa Lulusan Terbaik Diperguruan Tinggi ( Studi Kasus STMIK Atma Luhur PANGKALPINANG ), Seminar Nasional teknologi Informasi dan komunikasi , ISSN : 2089-9815, Pangkal Pinang.
[5] Fauzi, Muhammad, 2015, gap implementasi gap profile matching pada sistem pendukung
keputusan dalam menentukan kenaikan level pada karyawan pt. long sun Indonesia, Jurnal Snif, Universitas Potensi Utama.
[6] Faisal, Edi, 2014, Implementasi Metode Profile matching untuk Penentuan Penerimaan Usulan Penelitian Internal Dosen STMIK El Rahma, Jurnal Speed, STMIK El Rahma Yogyakarta.