PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PEMBELAJARAN TIK SECARA VIRTUAL DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA SMA NEGERI 5 MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi yang tidak hanya berfungsi sebagai teori pembelajaran TIK semata melainkan dapat menghadirkan media pembelajaran TIK dalam bentuk aplikasi dan tampilan secara virtual. Pada dasarnya, para siswa-siswi ini sebagian besar kurang memahami dalam menangkap suatu materi yang diberikan oleh guru nya, dikarenakan para siswa-siswi kelas III menengah atas ini merasa bosan pada suasana belajar di dalam kelas dan merasa jenuh pada metode pembelajaran yang diberikan oleh guru nya.Untuk itu kami akan membuat suatu aplikasi media pembelajaran TIK secara virtual berbasis adobe flash, virtual dalam hal ini kita akan membuat seperti tampilan didalam kelas yang tampilan nya dibuat berbeda pada tampilan dalam kelas pada umum nya dengan fasilitas nya seperti suara pembawa materi, tutorial video dan soal latihan yang berhubungan dengan mata pelajaran TIK. Aplikasi media pembelajaran TIK ini akan dijalankan disebuah PC/Laptop dengan menggunakan Adobe Flash. Cara atau metode yang digunakan yaitu dengan metode teknik Black Box dimana pengujian ini melibatkan pengujian interface untuk memastikan bahwa kode tersebut memenuhi persyaratan fungsional dan berfungsi. Hasil yang diperoleh bisa dikatakan berhasil karena aplikasi media pembelajaran TIK ini berjalan dengan baik dan sesuai harapan
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles
References
[1] Andi , 2013, “Pasti Bisa Belajar Sendiri Adobe Flash CS6”, Madiun, Madcoms.
[2] Azhar Susanto, 2012, “Sistem Informasi Manajemen Konsep Dan Pengembangan nya”, Bandung, Lingga Jaya.
[3] H.Widada HR, 2011, “Belajar Animasi 2D Dan 3D”, Yogyakarta, Penerbit Mediakom
[4] Rosa A.S., M. Shalahuddin, 2011, “Model Pembelajaran Rekayasa Perangkat lunak (Terstruktur dan Berorientasi)”, Bandung, Modula
[5] Melwin Syafrizal Daulay, 2013, “Mengenal Hardware-Software Dan Pengelolaan Instalasi Komputer”, Andi Offset, Yogyakarta.
[6] Trianto, 2011, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”, Jakarta, Kencana
[7] Prabowo Pudji Widodo Herlawati, 2011, “Menggunakan UML (Unified Modelling Language)”, Bandung, Informatika.
[8] Porter, Lynnette R., 2010, “Creating The Virtual Classroom”, New York, John Wiley & Sons, Inc.
[9] Zakiah Darajat, 2011, ”Pendekatan Psikologis dan Fungsi keluarga dalam Menanggulangi Remaja”, Semarang, Erlangga
[2] Azhar Susanto, 2012, “Sistem Informasi Manajemen Konsep Dan Pengembangan nya”, Bandung, Lingga Jaya.
[3] H.Widada HR, 2011, “Belajar Animasi 2D Dan 3D”, Yogyakarta, Penerbit Mediakom
[4] Rosa A.S., M. Shalahuddin, 2011, “Model Pembelajaran Rekayasa Perangkat lunak (Terstruktur dan Berorientasi)”, Bandung, Modula
[5] Melwin Syafrizal Daulay, 2013, “Mengenal Hardware-Software Dan Pengelolaan Instalasi Komputer”, Andi Offset, Yogyakarta.
[6] Trianto, 2011, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif”, Jakarta, Kencana
[7] Prabowo Pudji Widodo Herlawati, 2011, “Menggunakan UML (Unified Modelling Language)”, Bandung, Informatika.
[8] Porter, Lynnette R., 2010, “Creating The Virtual Classroom”, New York, John Wiley & Sons, Inc.
[9] Zakiah Darajat, 2011, ”Pendekatan Psikologis dan Fungsi keluarga dalam Menanggulangi Remaja”, Semarang, Erlangga