Implementasi Teori Dempster Shafer Untuk Memprediksi Dampak Hambatan Studi Mahasiswa

Main Article Content

Atin Triwahyuni

Abstract

Usaha untuk mendeteksi dampak dari adanya hambatan studi yang sering dialami oleh mahasiswa perlu mendapat perhatian. Banyak kondisi yang tidak pasti sebagai gejala yang muncul dan sering mengganggu mahasiswa dalam melaksan studinya. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah menggunakan teori dempster-shafer untuk mendeteksi dampak sebagai akibat dari adanya gejala-gejala yang sering ditemui oleh mahasiswa. Teori dempster-shafer dipilih karena memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dalam ruang ketidakpastian. Penelitian ini menyajikan lima gejala yaitu larut dalam urusan cinta, factor  ekonomi, menemui masalah atau konflik dengan pihak kampus, adanya hambatan internal dan terlalu sibuk dengan kegiatan ekstra. Sebagai dampak dari gejala tersebut dimunculkan indikasi mahasiswa mengalami cuti, drop out, terlalu lama studi atau terlambat lulus, dan tidak jelas atau tanpa keterangan. Hasil yang diperoleh didapatkan bahwa teori dempster-shafer dapat mengidentifikasi dampak terburuk yang dialami mahasiswa dengan mendapatkan nilai densitas yang paling tinggi, nilai ini didapatkan dari berbagai kemungkinan nilai belief dan plausibility sebagai hasil dari identifikasi yang telah dilakukan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Pardjono, dkk. 2013.Laporan Penelitian Analisis Faktor Penghambat Studi Mahasiswa PascaSarnjana UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
[2] Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Penerbit Graha ilmu.
[3] Hartati, Sri; Iswanti, Sari. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya.Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
[4] Maseleno, Andino.;Hasan, Mahmud. 2012. Skin Diseases Expert System using Dempster-Shafer Theory, International Journal Intelligent Systems and Applications, 2012, 5, 38-44.
[5] Falentini, Yani, Febry.;Taufik;Mudjiran. 2013. Usaha yang Dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan-Hambatan yang Ditemui, Jurnal Ilmiah Konseling Konselor volume 2 nomor 1 tahun 2013.
[6] Hidayati, Nur, Iswari. 2010. Pemanfaatan Teori Bukti Dempster-Shafer Untuk Optimalisasi Penggunaan Lahan Berdasarkan Data Spasial dan Citra Multisumber, Jurnal Embriyo volume 7 nomor 1 tahun 2010.