Enkripsi Dan Dekripsi File Dengan Algoritma Blowfish

Main Article Content

Andri Saputra Andika Widyanto

Abstract

Sebuah perusaahan biasanya terkait dengan data-data penting yang sifatnya rahasia yang perlu pengamanan data, permasalahan yang sering terjadi saat ini adalah pencurian data penting  serta mengalami kebocoran data yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, atau mengambil data tanpa seizin pemiliknya. Hal ini sering terjadi pada perusahaan-perusahaan dimana terdapat data-data rahasia perusahaan yang perlu pengamanan data sehingga tidak disalah gunakan. Dari permasalahan tersebut dibuat sebuah sistem enkripsi dan dekripsi file menggunakan Algoritma Blowfish dalam  mengamankan data atau informasi yang berupa file dengan mengenkripsi plaintext file menjadi sebuah ciphertext file, sehingga tidak dapat dibaca atau dimengerti oleh orang lain, serta data tersebut tidak dapat disalah gunakan dan dimanipulasi. Aplikasi ini dapat berfungsi seperti tujuan, yaitu untuk mengamankan data atau informasi yang berupa file dengan mengenkripsi plaintext file menjadi ciphertext file, begitu juga sebaliknya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Didi Surian(2006), Algoritma Kriptografi Aes Rijndael. TESLA vol.8, no. 2, 97-101 Jurnal Elektro.
[2] Anandia Zelvina, Syahril Efendi, Dedy Arisandi. (2012), Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Kunci Publik ElGamal Untuk Mahasiswa. Jurnal Dunia Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 1, Universitas Sumatera Utara, Medan.
[3] Novi Dian Natasha, Anang Eko Wicaksono. (2011), Penerapan teknik kriptografi stream-cipher untuk pengaman basis data. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS Vol. 6, No. 1, Universitas Nasional, Jakarta Selatan.
[4] Ahmad Timbul Sholeh, Erwin Gunadhi, Asep Deddy Supriatna. (2013), Mengamankan Skrip Pada Bahasa Pemograman Php Dengan Menggunakan Kriptografi Base64, Jurnal STT Garut Vol 10, No. 1, Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Garut.
[5] Hartini dan Sri Primaini. (2013), Kriptografi Password Menggunakan Modifikasi Metode Affine Ciphers, Vol 2, No.1, AMIK SIGMA, Palembang.
[6] Munawar. (2012), Perancangan Algoritma Sistem Keamanan Data Menggunakan Metode Kriptografi Asimetris, Jurnal Komputer dan Informatika(KOMPUTA) Vol 1, No. 1, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.
[7] Schneier, Bruce. 1996. Applied Cryptography, Second Edition. New York : John Wiley & Son.
[8] Shalahuddin M Rosa A.S. 2011 Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Modula.