Pemanfaatan Sistem SMS Gateway Sebagai Sarana Penunjang Informasi Akademik di SDN Tawang Mas 01 Semarang

Main Article Content

Arlieza Anindyaputri Setia Astuti

Abstract

SDN Tawang Mas 01 merupakan  salah  satu  sekolah  dasar yang  ada  di Semarang. Dalam berkomunikasi  dengan orang tua siswa , pihak sekolah menggunakan sistem manual dalam penyampaian informasi seperti pengumuman sekolah. Terdapat beberapa  permasalahan dalam  proses  komunikasi  tersebut yaitu siswa yang tidak memberikan selebaran kertas pengumuman sekolah kepada orang tua siswa dan tugas – tugas yang diberikan guru , siswa terkadang terlambat bahkan lupa untuk menyampaikan ke orangtua siswa. Masalah ini untuk mengingatkan para orangtua siswa agar lebih perhatian terhadap kegiatan siswa di sekolah.  Untuk  itu  SMS  Gateway dapat  menjadi solusi  atas  permasalahan tersebut. Tujuan pemanfaatan sistem SMS Gateway ini adalah untuk memberikan pelayanan  informasi yang lebih efektif melalui layanan sms.  Pada aplikasi diterapkan algoritma round untuk optimalisasi pengiriman pesan yang dilihat dari waktu yang cepat dan biaya yang murah. Pada penelitian ini dilakukan percobaan penggunaan metode penjadwalan proses menggunakan algoritma round robin untuk mementukan waktu terbaik pada proses pengiriman pesan. Parameter yang digunakan adalah rata-rata waktu tunggu berdasar ujicoba yang dilakukan. Proses pengujian dilakukan dengan mengirimkan sms broadcast kepada 20 nomor tujuan secara bersamaan dan mengirimkan sms autoreply yang akan dibalas langsung dari sistem. Hasil yang didapat dari pengujian adalah rata-rata waktu tunggu yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesan per satuan detik. Hasil yang didapat adalah metode algoritma round robin lebih baik dari percobaan lain yang dilakukan. Algoritma round robin dapat diimplementasikan untuk mengurangi waktu pengiriman sms broadcast

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Muh. Nasrudin, "Sistem Sms Gateway Berbasis Web Pada Rukun Warga 01 Pedurungan Tengah Semarang," Teknik Informatika, 2013.
Ardy Putri Rhyca, Atista Riske, and Wahyu Antonius, "Pemanfaatan Sms Gateway Dalam Pelayanan Informasi Aktifitas Siswa Pada TK Xaverius 5 Palembang," Teknik Informatika, 2012.
S. M. Ramadhan, "Implementasi Algoritma Roundrobin dan FCFS (First Come First Serve) Pada Penjadwalan Proses Processor Tunggal," Jurnal Teknik Informatika, 2013.
B. Asyanto, "Perancangan dan Pembuatan Balancing pada Clustering Web server Menggunakan LVS," Jurnal Teknik Informatika, p. Fakultas Sains dan Teknologi uin, 2011.
Hansun M. and S. Santika, "Implementasi Algoritma Shortest Job First dan Round Robin pada Sistem Penjadwalan Pengiriman Barang ," Jurnal Teknik Informatika, pp. Universitas Multimedia Nusantara Tangerang. Vol. VI, No. 2., 2014.