Penerapan Mikrokontroler Atmega Pada Prototipe Rancang Bangun Jembatan Sungai Terangkat Otomatis

Main Article Content

Ahmad Ahmad

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk merancang dan membuat prototipe jembatan yang dapat terangkat atau terbuka secara otomatis dengan penerapan mikrokontroler ATMega8535. Prototipe jembatan angkat tersebut memudahkan terintegrasinya jalur darat dan jalur laut, karena infrastruktur jembatan yang dapat terangkat dan dikendalikan otomatis. Pada jaman modernisasi saat ini otomatisasi penggunaan infrastruktur seperti ini sangat penting dalam pembagunan kota, terutama kota yang sedang berkembang, infrastruktur yang dapat menunjang dan mempermudah manusia dalam melakukan aktifitas. Prototipe jembatan yang telah dibuat bisa terbuka secara otomatis jika terdeteksi ada kapal dengan ketinggian maksimal lima sentimeter dari batas bawah jembatan, dan setelah kapal melewati jembatan maka jembatan akan kembali menutup seperti keadaan semula.  Jarak lima sentimeter bisa diubah berdasarkan jarak yang aman bagi kapal untuk melewati jembatan. Mengenai jarak yang aman antara ujung atas kapal dengan batas bawah jembatan untuk dilewati kapal ini belum didapat data yang pasti, butuh kajian yang komprehensif dan mendalam. Berdasarkan hasil pengujian Black Box, setiap bagian rangkaian telah berfungsi dengan baik sesuai perencanaan, dan berdasarkan hasil pengujian White Box perangkat lunak telah bebas dari kesalahan logika

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bejo Agus, 2008, C dan AVR Rahasia Kemudahan Bahasa C dalam Mikrokontroler ATMega8535, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008.
[2] Heryanto, M. Ary, dkk, 2008, ”Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroler ATMEGA8535”, CV. Andi Offset: Yogyakarta.
[3] Wahyu Lukman Hakim, 2011, “Prototype Modeling”, Jakarta.
[4] Heri Andrianto, 2013, “Pemrograman Mikrokontroler AVR ATmega16 Menggunakan Bahasa C (CodeVisionAVR)”, Informatika Bandung: Bandung.
[5] Dedi Rusmandi, 2008, “Belajar rangkaian Elektronika Tanpa Guru”, Delfajar Utama: Bandung