Perancangan Sistem Informasi Desa Pada Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalebenteng Kampung Nelayan Galesong Selatan Kabupaten Takalar Sulawesi-Selatan

Main Article Content

Imran Djafar

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk merancang Sistem Informasi Desa pada Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kalebenteng Galesong Selatan, yang bertujuan untuk : (1) Membuat aplikasi sistem informasi desa yang dapat digunakan untuk mengolah data administrasi desa seperti pengolahan data domisili, data surat pindah, data surat nikah, data penggunaan anggaran menjadi terkomputerisasi. (2)Melakukan pengujian aplikasi untuk menemukan kesalahan menggunakan metode pengujian white box. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor BPMD Kalebenteng Kampung Nelayan Galesong Selatan Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data yang kami lakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. BPMD Kalebenteng Galesong Selatan merupakan salah satu instansi pemerintah yang bertugas mengelolah data pada sistem perangkat-perangkat desa dan kelurahan.  Dimana sistem yang diterapkan saat ini pada BPMD Kalebenteng Galesong Selatan yaitu masih manual dalam melakukan proses pencatatan administrasi, pencarian file, pelaporan data keuangan. Dimana hal tersebut dianggap kurang optimal karena pada pengolahan datanya tidak terintegrasi sistem database sehingga menyebabkan sering terjadi kehilangan data. Dengan adanya sistem informasi desa ini, Kantor BPMD Kalebenteng Galesong Selatan diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja dalam hal proses pencatatan data administrasi desa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul Kadir, 2011, “Pengenalan Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta.
[2]. Budi Sutedjo, 2011, ”Konsep Dan Aplikasi Pemrograman Client Server Dan Sistem Terdistribusi”, Andi Publisher, Yogyakarta.
[3]. Fatansyah., 2012, “Manajemen Basis Data”, Informatika, Bandung.
[4]. Jogianto.H.M, 2012, “Analisa dan Perancangan Sistem”, Penerbit Andi, Yogyakarta.
[5]. Roger S. Pressman, Ph.D, 2012, ”Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu)”, Andi, Yogyakarta.