Waterpass Otomatis Berbasis Mikrokontroler

Main Article Content

suryadi Hozeng Nurlindasari Tamsir

Abstract

Waterpass adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah bidang, dimana bidang tersebut datar atau siku-siku (tegak lurus).Waterpass biasanya di gunakan untuk membantu dalam pemasangan tegel atau pemasangan campuran pada tembok konstruksi bangunan. Waterpass yang biasa digunakan adalah yang manual dimana cara kerjanya dengan melihat gelembung udara yang terdapat di waterpass apakah sudah berada dalam titik keseimbangan atau belum sehingga di perlukan ketelitian dari pengguna untuk munghindari kesalahan yang terjadi. Perancangan waterpass otomatis berbasis mikrokontroler ATMega16 dan modul sensor accelerometer menggunakan pemograman bahasa C melalui program Code Vision AVR. Tujuan penelitian ini agar dapat membantu  seseorang untuk menentukan bidang datar, dengan memanfaatkan layar LCD. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan sensor accelerometer yang mendeteksi kemiringan benda berfungsi sebagai sensor yang terhubung dengan LCD. Sistem pemrosesan data menggunakan IC Mikrokontroler ATMega16 yang diprogram dengan bahasa C melalui compiler program Code Vision AVR. Sistem terhubung dengan mikrokontroler yang berfungsi sebagai server, dimana sistem dapat bekerja secara otomatis untuk mementukan permukaan rata atau sudut siku-siku, sehingga dapat mempernudah seseorang dalam menentukan sebuah bidang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

1. Alfith. (2015). Perancangan Traffic Light Berbasis Microcontroller ATMEGA 16. Jurnal Momentum. Vol.17 No.1. Februari 2015 ISSN : 1693-752X
2. Maulida, Richa Nor. (2013). Rancang bangun Pengendalian Penerangan Rumah Menggunakan SMS Berbasis Microkontroleer AVR Atmega8535. Skripsi. Uin Maulana Malik Ibrahim: Malang.
3. Panguale, Muhamad Rakif. (2015). Rancang bangun Pengukur Kemiringan Pantai Berbasis Mikrokontroler dengan Sensor Accelerometer. Skripsi. Institut Pertanian Bogor : Bogor.

4. Riyadi, Muhammad., Wahyudi., Setiawan, Iwan. (2010). Pendeteksi Posisi Menggunakan Sensor Accelerometer MMA7260Q Berbasis Mikrokontroler Atmega 32. Jurnal Transmisi. 12 (2), 2010, 76-81.
5. Susanthi, Yohana., Liem, Erwin Boenyamin. (2010). Sistem Penimbangan Otomatis Menggunakan Microcontroller Atmega16. Electrical Engineering Journal. Vol. 1 (2010) No. 1, pp 41-52.
6. Toyib, Rozali., Hidayatullah, Juni. (2016). Aplikasi Remote Kontrol Cpu/Laptop Jarak Jauh Dengan Media Serial Handphone Dengan Mikrokontroler. Jurnal Pseudocode. Volume III Nomor 1, Februari 2016, ISSN 2355 – 5920 50.
7. Wibowo, Eko. (2013). Waterpass digital Menggunakan Sensor Accelerometer 3 Sumbu,. Skripsi. Univ Kristen Satya Wacana: Jawa Tengah.