Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Main Article Content

Utin Kasma

Abstract

Perkembangan otomotif sepeda motor semakin pesat, hal ini berdampak pada proses pembelian dimana konsumen dihadapkan pada banyak pilihan, baik dari segi merk, model, keiritan penggunaan bahan bakar, harga maupun keunggulan dari sepeda motor tersebut sehingga seringkali konsumen membeli sepeda motor yang tidak sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penerapan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat digunakan oleh sebuah dealer motor untuk membantu konsumen memilih sepeda motor yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Dalam SPK ini digunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) yang merupakan metode penjumlahan terbobot. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan quesioner. Bahasa pemrograman menggunakan PHP dan database MySQL. Berdasarkan hasil tabulasi data quesioner maka kriteria pemilihan sepeda motor yang ditentukan adalah Harga motor, Volume silinder, dan Kapasitas tanki. Tujuan penelitian ini membangun Sistem Pendukung Keputusan yang dapat digunakan pada dealer Fortuna Jaya Motor untuk membantu konsumen memilih sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung di dealer Fortuna Jaya Motor. Dari seluruh konsumen tersebut, diambil sampel sejumlah 20 orang konsumen. Dari hasil perhitungan matriks SAW diperoleh hasil pemilihan kriteria Nilai terbesar didapat pada V7 sehingga alternatif A7 adalah alternatif yang terpilih sebagai alternatif terbaik. Dengan kata lain Scorpio z-CW akan dipilih sebagai sepeda motor terbaik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Sabarguna, Boy S, 2004, Decision Support System. Penerbit KONSORSIUM, Yogyakarta.

[2] Turban, Efraim., Aronson, Jay E., Liang, Ting P, 2005, Decision Support System and Intelligent Systems, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

[3] Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. 2006. Fuzzy Multi -Attribute Decision Making (FUZZY MADM) . Penerbit Graha Ilmu,Yogyakarta.

[4] Nurjannah, Nency., Arifin, Zainal., Marisa K, Dyna, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Dengan Metode Weighted Product, Jurnal Informatika Mulawarman Vol.10, No.2, Samarinda. 2 September.

[5] Supriyono, 2012, Sistem Penunjang Keputusan (SPK) Pemilihan Sepeda Motor Menggunakan Metode AHP, Jurnal SIMETRIS Vol. 1, No. 1, Kudus.

[6] Wira Trise Putra, Dede., Epriyono, M, 2017, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Motor Jenis Sport 150 CC Berbasis Web Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), Jurnal TEKNOIF Vol. 5 No.2, Padang. 2 Oktober.

[7] Pardede, Vinalia, 2013, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kendaraan Bermotor Dengan Menggunakan Metode Technique For Order Preperence By Similarity To Ideal Solution, Jurnal PELITA INFORMATIKA, Vol.IV, No. 1, Medan. Agustus.

[8] W. Komputer, 2012, Membangun Website Interaktif Dengan Adobe Dreamweaver CS5.5, PHP & MySQL, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

[9] Jogiyanto., 2008, Metodologi Penelitian Sistem Informasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta.