Perancangan Sistem Informasi Gudang Pada Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (Studi kasus : BKKBN Prov.Kalimantan Barat)

Main Article Content

Tommi Suryanto

Abstract

BKKBN merupakan suatu badan pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyalur alat kontrasepsi yang meliputi hampir seluruh wilayah yang ada di Kalimantan Barat sudah seharusnya memiliki data yang akurat agar dapat dipertanggung jawabkan kepada pihak yang memerlukan informasi tentang penyaluran alat kontrasepsi tersebut. Kegiatan inventarisasi barang merupakan pencatatan data yang berhubungan dengan barang atau aset dalam instansi. Umumnya kegiatan dalam inventarisasi barang adalah pencatatan pengadaan barang, penempatan, mutasi dan pemeliharaan, dengan adanya sebuah sistem inventori dapat menyajikan laporan data inventaris tepat waktu sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih cepat, mempermudah dalam proses back up data. Metodologi dalam pengembangan sistem terdiri dari sederetan kegiatan yang dapat dikelompokkan menjadi beberapa tahapan, Metode Perancangan Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, maka diperlukan penelitian untuk menguji keektifan produk tersebut (digunakan metode eksperimen). Perancangan Sistem Informasi Gudang Pada BKKBN Provinsi Kalimantan Barat membantu bagian administrasi gudang dan dapat bejalan dengan lancar serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pendataan dan Sistem informasi dirancang dengan metode perancangan Research and Development dapat mampu memenuhi kebutuhan pendataan inventori dan pendistribusian alat kontrasepsi dan mampu meningkatkan kinerja staf gudang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Prawiyanti, A. A, dan Triyono, R. A., 2013, Perancangan Sistem Informasi Inventaris Program Studi Teknik Informatika Universitas Surakarta, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013.
[2] Lestari, Y., 2011, Pembagunan Sistem Informasi Inventaris Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karang pandan Berbasis Web, Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Surakarta, Surakarta.
[3] Handayani, T. S dan Wardati, I. U., 2013, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Obat Pada Pos Kesehatan Desa Wonoanti, Jurnal IJCSS - Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed - FTI UNSA.
[4] Yuhendra, MT, dkk. 2013, Perancangan Sistem Inventory Spare Parts Mobil Pada Cv. Auto Parts Toyota Berbasis Aplikasi Java. Jurnal TEKNOIF, Vol.1, No.2, Edisi Oktober 2013 ; Institut Teknologi Padang, Padang.
[5] Noviandi, B. M., dkk., 2012, Perancangan Sistem Informasi Inventori Barang Di Bank Sampah Garut, ISSN : 2302-7339 Vol. 09 No. 32 2012.
[6] Sugiyono., 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Alfabeta, Bandung.
[7] Sommerville, I. (2009). Software Engineering. Pearson Education, Inc as Addison Wesley
[8] Pressman, R.S. (2010), Software Engineering: a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York,