Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Posisi Seksi OSIS Menggunakan Metode SAW

Main Article Content

Taufik Fitriyadi Alimuddin Yasin

Abstract

Sistem pendukung keputusan merupakan metode yang dapat digunakan dalam membantu proses pembuatan keputusan. Penggunaan sistem pendukung keputusan salah satunya dapat dimanfaatkan dalam penentuan posisi seksi OSIS. Seski OSIS yang sepenuhnya dipilih oleh ketua OSIS terpilih dapat membantu kinerja organisasi OSIS tersebut dalam menjalankan kepengurusannya. Akan tetapi terkadang pemilihan posisi tidak sepenuhnya tepat dengan kebutuhan. Sistem Pendukung Keputusan dapat menghindarkan dari permasalahan tersebut. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dipilih dalam peneltian ini dimana mempunyai sifat adanya kriteria yang bersifat menguntungkan dan merugikan. Proses penelitian ini dimulai dengan mensimulasikan perhitungan dengan cara manual terlebih dahulu. Hasil dari perhitungan ini berupa Prototipe sistem yang dibangun dengan PHP dan MySQL. Proses pengujian dilakukan dengan melakukan perbandingan dengan perhitungan manual dan sistem yang telah dibangun.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Kusrini, 2007, KonsepdanAplikasiSistemPendukungKeputusan, Andi, Yogyakarta.
[2] Eniyati, S., 2011, Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting), Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 16, No.2, Juli 2011 ISSN : 0854­9524.
[3] Marrina, M., Zul, M.I. and Arifin, S.P., 2016. Sistem Pendukung Keputusanuntuk Pembelian Smartphone Menggunakan Metode Simple Additive Weight dan Fuzzy Associative Memory. Jurnal KomputerTerapan, 2(1).
[4] Wang, Ying-Ming, Jian-Bo Yang, and Dong-Ling Xu, 2005, A preference aggregation method through the estimation of utility intervals. Computers & Operations Research 32.8 (2005): 2027-2049.
[5] Kusumadewi, Sri, dkk. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM) Yogyakarta: GrahaIlmu.