Perancangan Aplikasi Kriptografi Dengan Metode Modifikasi Caesar Cipher Yang Diperkuat Dengan Vernam Cipher Untuk Keamanan Teks

Main Article Content

Nita Sari Br Sembiring

Abstract

Untuk menjaga tersebarnya informasi rahasia kepada pihak yang tidak berkepentingan maka digunakan kriptografi sebagai kunci agar pihak tersebut tidak mengetahui informasi tersebut. Karena  banyak yang melakukan pertukaran data dan terhubung dalam dunia maya maka keamanan data tersebut semakin tidak terjamin kerahasiaannya. Kita dapat mengamankan informasi tersebut dengan mengunakan metode yang ada dalam ilmu Kriptografi. Salah satu yang dapat kita amankan adalah data berupa teks. Di sini akan dilakukan modifikasi pada metode Caesar Cipher dan akan diperkuat oleh metode Vernam Cipher. Mekanisme dalam Caesar Cipher adalah dengan pengubahan nilai ASCII ke dalam biner yang disubstitusikan  dengan kunci berdasarkan rumus Caesar. Sementara dalam Vernam Cipher adalah dengan mengkombinasikan Plaintext dengan Key  nya sehingga menghasilkan Ciphertext dan sebaliknya untuk mengembalikan Plaintext tersebut adalah dengan mengkombinasikan Ciphertext dengan Keystream. Dalam Vernam Cipher menggunakan logika XOR dan XNOR untuk menghasilkan Ciphertext sehingga penelitian ini akan menghasilkan suatu aplikasi yang dapat melakukan proses enkripsi dan dekripsi tersebut. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Ayushi, 2010. “ A Symmetric Key Cryptographic Algorithm”. International Journal of Computer Applications (0975 - 8887). Volume 1 – No. 15. Hindu College of Engineering, Haryana. India.
[2] Juliadi et al, 2013. “Kriptografy Klasik Dengan Metode Modifikasi Affine Cipher yang Diperkuat Denga Vigenere Cipher”. Buletin Ilmiah Mat. Stat. Dan Terapannya(Bimaster). UNTAN. Potianak, Indonesia.
[3] Seftyanto Donny et al, 2012. “Peran Algoritma Caesar Cipher Dalam Membangun Karakter Akan Kesadaran Keamanan Informasi”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta, Indonesia.
[4] Donny Seftyanto et al, 2012. “Peran Algoritma Caesar Cipher Dalam Membangun Karakter Akan Kesadaran Keamanan Informasi”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan FMIPA UNY Yogyakarta, Indonesia.
[5] Christy Atika Sari, Eko Hari Rachmawanto, 2014. “Gabungan Algoritma Vernam Cipher dan End Of File Untuk Keamanan Data”. Techno.COM, Vol.13, No3. Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Indonesia.