Implementasi Weihgted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Cabang RJ-Computama

Main Article Content

Darmanto Darmanto Furkonudin Furkonudin Safar Dwi Kurniawan

Abstract

Kantor cabang merupakan aspek penting dalam dalam sebuah perusahaan untuk melebarkan sayap dan skala perusahaan. Lokasi cabang baru yang baik menentukan efesiensi dan efektifitas kegiatan transaksi pada LPK RJ-Computama berdasarkan kriteria yang akan ditentukan dari pihak Direktur untuk Lokasi cabang yang akan dibangun. Oleh sebab itu dilakukan pembuatan DSS (Desicion Support System) atau sistem pendukung keputusan untuk menentukan lokasi mana yang paling tepat untuk didirikannya cabang baru. Dalam hal ini penulis Menggunakan DSS (Desicion Support System) dengan metode Weighted Product. Penulis menggunakan metode ini karena metode ini mengkriteriaikan nilai bobot pada setiap kriteria dan selanjutnya dilakukan perangkingan untuk mendapatkan keputusan. Hasil yang didapatkan berupa Prototype aplikasi DSS Penentuan lokasi cabang metode weighted product dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil uji coba protoype aplikasi memberikan rekomendasi lokasi cabang dari hasil proses perangkingan maka alternatif E (Maguwoharjo) yang menjadi kandidat kuat untuk dipilih oleh pimpinan rj-comp jogja sebagai lokasi cabang baru perusahaanya dengan nilai V5 =0.2105335023655, selanjutnya di urutan kedua adalah alternatif C (Demangan) dengan nilai V3 = 0.20804315077702.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Fathushahib, Zhofir, R, 2016, Dss Penentuan Lokasi Gudang Pt. Indoxyz Menggunakan Metode weighted Product, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016 ISSN : 2302-3805, Yogyakarta, 6-7 Februari.
[2] Yasdomi, K, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Modal Usaha Menggunakan Metode Weighted Product ( Studi Kasus Pada Bank Danamon Simpan Pinjam Ujung Batu ), Riau Journal Of Computer Science Vol.1/No.1, Riau.
[3] Irawan, R, Winarti, S, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Dan Evaluasi Lokasi Pemasaran Produk (Gula) Menggunakan Metode Ahp (Studi Kasus : Pt.Madubaru), JURNAL INFORMATIKA Vol. 9, No. 2, Yogyakarta, July.
[4] Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi, Yogyakarta.
[5] Kusumadewi, S., Hartati, Sri., 2006, Fuzzy Multi-Atribute Decision Making, Graha Ilmu, Yogyakarta.
[6] Yakub, 2012, Pengantar sistem informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.
[7] Sutabri, T., 2012, Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.s