Implementasi Theorema Bayes Untuk Mendiagnosis Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Main Article Content

Mikha Dayan Sinaga

Abstract

Indonesia merupakan negara ke-3 terbesar untuk penderita TBC di dunia dengan tingkat persentase sebesar 10%. Banyak masyarakat yang belum dapat membedakan secara dini antara penyakit TBC dengan penyakit batuk biasa. Salah satu solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat suatu sistem pakar yang mampu memberikan tingkat akurasi tinggi, sehingga daapat menjadi referensi bagi masyarakat terhadap gejala yang dialaminya. Banyak metode-metode yang dapat digunakan untuk menghitung tingkat kepastian dari suatu penyakit berdasarkan gejala yang tampak. Theorema Bayesmerupakan suatu metode probabilitas yang dapat menghitung tingkat kepastian / kemungkinan terjangkit suatu penyakit berdasarkan bobot dari gejala-gejala yang tampak. Tujuan dari penelitian ini yaitu bagaimana cara untuk mengimplementasikan theorema bayes untuk mendiagnosis penyakit TBC.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, et al, 2006. “Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis”. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Edisi 2 Cetakan Pertama.
[2] Muhammad Arsyad, 2014. “Implementasi Metode Sugeno Pada Sistem Pakar Penentuan Stadium Pada Penyakit Tuberculosis (TBC)”. Pelita Informatika Budi Darma, Volume : ViI, Nomor: 3. STMIK Budi Dharma Medan, Indonesia
[3] Rifki Indra Perwira, Anifudin Aziz, 2013. “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Infeksi TBC Paru”. TELEMATIKA Vol. 9, No. 2
[4] Sri Rahayu, 2013. “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Gagal Ginjal Dengan Menggunakan Metode Bayes”. Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IV, Nomor: 3. STMIK Budi Dharma Medan, Indonesia.
[5] Turban, Efraim., Aronson, Jay E., dan Liang, Ting-Peng. 2005. “Decision Support System and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas)”. Terjemahan Siska Primanningrum. Jilid 2.Edisi 7.Yogyakarta :Andi.