Penilaian Kinerja Dosen Dalam Bidang Pengajaran Dengan Penerapan Metode PROMETHEE

Main Article Content

Lili Tanti

Abstract

Menciptakan manusia yang berkualitas merupakan salah satu visi dan misi Universitas Potensi Utama. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan visiter sebut adalah dengan cara meningkatkan kualitas kinerja dosen dalam bidang pengajaran. Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan kualitas manusia tersebut tentunya dihasilka nmelalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Berkaitan dengan hal kinerja dosen, penilaian kinerja dosen ini diperlukan dalam kerangka penjaminan mutu internal dalam bentuk feed back bagi dosen dan pimpinan universitas, dasar bagi remunerasi dan penghargaan berbasis kinerja, serta peningkatan layanan atas mahasiswa tentunya. Berdasarkan hal tersebut, maka sangat diperlukan suatu system pendukung keputusan dalam menilai dosen dalam bidang pengajaran di lingkungan Universitas Potensi Utama. Salah satu metode yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan adalah metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (Promethee). Dimana dengan penerapan metode promethee akan memberikan hasil dalam berupa ranking dalam proses penilaian kinerja dosen khususnya dalam bidang pengajaran di lingkungan Universitas Potensi Utama. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
[2] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen.
[3] Ramsden, P., 2003, “Learning to Teach in Higher Education”, 2th.Ed, London & New York : Routledge.
[4] Made Purwantara, Suriyati, Zaenal Abidin, “Penerapan Metode Promethee dalam Penilaian Kinerja Dosen Untuk Pemilihan Dosen Teladan”, diambil pada tanggal 7 September 2015.
[5] Ranida, P., Nurul, H., 2013, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi menggunakan Metode Promethee”, Jurnal Sains dan Seni Pomits vo.2, No.1, 2337-3520 (2301-928x Print).