Perancangan Multimedia Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Macromedia Flash MX Pada SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal

Main Article Content

Ryan Saeful Rizal Jhon Sony Karuniawan

Abstract

Dalam dunia pendidikan suatu metode pembelajaran dapat dihadirkan dengan menggunakan alat peraga pembelajaran atau sering dikenal dengan media pembelajaran. Namun terkadang alat peraga yang digunakan masih kurang menarik dikarenakan kurang atraktif dan monoton. Salah satu metode pembelajaran yang sekarang ini dapat dikembangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai media pembelajaran. Perkembangan teknologi komputer terutama dalam bidang perangkat lunak yang makin pesat, sangat mendukung dalam penerapannya sebagai media pembelajaran. Pada SMP Negari 1 Balapulang Tegal pembelajaran bahasa jawa masih menggunakan cara manual denagan menulis aksara jawa. Maka dirancanganlah Multimedia Pembelajaran Aksara Jawa dengan Macromedia Flash MX pada SMP Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal. Dimana pembelajarannya akan lebih menarik dan siswa/i bisa lebih bersemangat. Dalam perancangan multimedia pembelajaran aksara jawa ini metode perancangan yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC). Dengan menggunakan pembelajaran multimedia ini dapat membantu guru dalam pembelajaran bahasa jawa agar siswa/i lebih tertarik dan semangat untuk belajar aksara jawa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] G. Bhatnager, S. Metha & S. Mitra. Introduction to multimedia System. London: Academic Press, 2001, 6.
[2] Muhammad Ridho Ardiansyah. 2015. Pengembangan Multimedia Website Untuk Pembelajaran Materi Kimia (Studi kasus: SMA Negeri 11 Palembang). JUSITI, 4 (1): 40-46.
[3] M. Al’Amin, Musreny Alda. 2011. Membangun Aplikasi Tutorial Abjad Korea (HANGEUL) berbasis multimedia. Jurnal PETIR, 4(2): 104-117.
[4] Imam Hambali, M.J. Dewiyani S, Teguh Sutanto. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Android. JSIKA, Vol 2, No 2 , ISSN 2338-137X.
[5] Tonny Hidayat. 2014. Rancang Bangun Media Interaktif Untuk Kerajinan Tangan Tradisional. Citec Journal, Vol 1, No 3, Mei 2014- Juli 2014, ISSN: 2354-5771.
[6] I Gusti Made Trisnayoga, Muhammad Rusli, I Wayan Ardi Yasa. 2014. Aplikasi Pembelajaran Network Security Berbasis Multimedia. JSIKA, Vol 9, No 1 , ISSN 2460-3792.
[7] Alit Prajatama, Muhammad Rusli, Ni Wayan Deriani. 2015. Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Strategi Permainan Catur. JSIKA, Vol 9, No 2 , ISSN 2460-3792.