Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Dipa Makassar Menggunakan Metode Servqual

Main Article Content

Asmah Akhriana Andi Irmayana Novita Sambo Layuk Irmawati Irmawati Muhammad Andi Matulada Siti Onya S. Heluth

Abstract

Perpustakaan memegang peranan penting dalam perguruan tinggi, termasuk di Universitas Dipa Makassar (UNDIPA). Perpustakaan UNDIPA telah menyediakan berbagai fasilitas sarana dan prasarana serta memberikan pelayanan kepada seluruh pengguna termasuk mahasiswa. Namun perlu diketahui apakah semua layanan yang diberikan sudah sesuai atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan mahasiswa UNDIPA terhadap layanan dan fasilitas Perpustakaan UNDIPA menggunakan metode servqual dan melibatkan 100 responden, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada tiga variabel servqual dengan kesenjangan tertinggi, yaitu: Responsiveness (Daya Tanggap) dengan kesenjangan sebesar -0.63, Reliability (Kehandalan) dengan kesenjangan sebesar -1.05, dan Empathy (Empati) dengan kesenjangan -0.57. Hasil menunjukkan bahwa harapan mahasiswa terhadap layanan yang telah diberikan oleh perpustakaan UNDIPA lebih tinggi dari pada kenyataan yang diberikan oleh perpustakaan UNDIPA terutama pada dimensi Responsiveness, Reliability, dan Empathy. Hal ini menandakan perlunya perbaikan pada aspek-aspek tersebut untuk memenuhi harapan mahasiswa UNDIPA terhadap kualitas layanan perpustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles