Pengukuran Kualitas layanan Internet di Universitas Sembilanbelas November Kolaka Berdasarkan QoS dan QoE

Main Article Content

Alders Paliling Mardianto Mardianto Muhammad Nurtanzis Sutoyo

Abstract

saat ini, kepuasan pengguna menjadi salah satu topik terpenting yang diperhatikan oleh penyedia layanan. Quality of Service (QoS) adalah kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan jaminan dan performa jaringan seperti delay, throughput, dan packet loss sedangkan Quality of Experience (QoE) merupakan pendekatan terhadap kualitas layanan internet, yang dapat menjelaskan pentingnya sebuah perubahan layanan berdasarkan apa yang dirasakan pengguna saat menikmati layanan yang diberikan di USN Kolaka memiliki akses layanan internet yang ketersediaan akses internet seperti Video call/Conference, VideoStreaming, dan Web Browsing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengguji apakah pengukuran kualitas internet secara teknis berbanding lurus dengan pengukuran pengalaman pengguna.Berdasarkan hasil uji pengukuran Quality of Service (QoS) dan Quality Of  Experience (QoE) bahwa perbandingan kualitas dari faktor teknis (QoS) yang diukur memiliki nilai yang bagus dari parameter uji seperti delay, throughput, packet loss dan jitter sedangkan parameter dari kaulitas non teknis (QoE) seperti content quality, system quality dan service quality diperoleh nilai QoE yang di ukur berdasarkan nilai MOS memiliki kualitas baik sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan nilai QoS dan QoE layanan internet di Universitas Sembilanbelas November Kolaka dikategorikan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles