Perancangan Sistem Informasi Usaha Kepariwisataan Berbasis SIG Pada Dinas Pariwisata Makassar

Main Article Content

Magfirah Magfirah

Abstract

Usaha kepawirasataan merupakan salah satu sektor pendukung dalam peningkatan ekonomi pada suatu tempat, hal ini dikarenakan dengan meningkatnya industri pariwisata maka pendapatan masyarakat disekitar lokasi wisata akan ikut meningkat. Oleh karena itu usaha pariwisata harus mendapat perhatian agar industri pariwisata ini dapat berkembang dan membantu perekonomian masyarakat. Berkaitan dengan latar belakang tersebut maka industri atau sektor pariwisata kota Makassar juga harus ditingkatkan baik dalam segi pelayanan yang bersifat teknis maupun pelayanan dalam bentuk informasi yang dapat membantu dalam meningkatkan usaha pariwisata. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi penyebaran usaha kepariwisataan yang berbasis GIS atau lebih dikenal dengan istilah sistem informasi geografis. Dengan menggunakan aplikasi ini maka dapat membantu usaha yang bergerak dibidang pariwisata memberikan informasi mengenai lokasi usaha pariwisata sehingga mempermudah wisatawan dalam menemukan penyedia jasa pariwisata. Selain itu aplikasi penyebaran usaha kepariwisataan ini juga dapat menjadi media dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai objek atau lokasi pariwisata yang ada pada wilayah Sulawesi Selatan khususnya kota Makassar. Hasil dari penelitian ini dapat membantu masyarakat dalam mengetahui lokasi objek wisata melalui peta google maps sehingga industri pariwisata kota Makassar dapat lebih meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Al Fatta, Hanif. 2007. Analisi dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Andi Offset. Yogyakarta.
[2] Andri Kristanto 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Andi Offset. Yogyakarta.
[3] Jogiyanto H.M. 2007. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta.
[4] Kadir Abdul 2008. Web Dinamis Menggunakan PHP. Andi Publisher.Yogyakarta.