PKM WORKSHOP TERAPAN APLIKASI PERKANTORAN SDN, MI, MTs, RA DDI LANGKEMME KAB. SOPPENG

Main Article Content

Annah Annah Cucut Susanto Asrul Syam Asrul Syam Hasyrif SY Hasyrif SY Siti Aisa Hasriani Hasriani Rismayani Rismayani Andi Irmayana Nurdiansah Nurdiansah

Abstract

    RA, SDN, MI, Mts DDI Langkemme merupakan sekolah yang memiliki sejumlah siswa, guru, dan staf. Data siswa, guru, dan staf setiap saat berubah. Pengolahan data tersebut masih dilakukan dengan cara menulis di buku besar yang tentunya demi waktu ke waktu akan terjadi penumpukan buku. Nilai siswa bahwan semua data yang menyangkut perhitungan masih diselesaikan dengan menggunakan alat bantu kalkulator. Penulisan data yang sama masih dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu yang berbeda.
   Tujuan Pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengoperasikan komputer dan aplikasi perkantoran khususnya aplikasi Microsoft word dan Microsoft excel, untuk pekerjaan administrasi perkantoran umum sehari-hari dengan baik, dengan luaran keterampilan bagi guru dan admin RA, SDN, MI, dan MTs DDI Langkemme agar mampu Menggunakan aplikasi Microsoft Office 2016 khususnya Microsoft Excel dan Microsoft Word, Menggunakan perangkat IT dalam kegiatan akademik dan Menambah ilmu tentang penggunaan Microsoft Excel dan Microsoft Word.
   Metode Pelaksanaan Pengabdian masyarakat ini adalah Permasalahan Prioritas Mitra Permasalahan mitra dalam hal ini RA, SDN, MI, dan MTs yang telah disepakati untuk ditindaklanjuti adalah sebagai berikut : Penulisan data yang sama dilakukan secara berulang-ulang, Perhitungan nilai dan absensi masih menggunakan alat bantu kalkulator dan Pengetahuan guru dan admin penggunaan Microsoft office khususnya Microsoft excel dan Microsoft word masih minim. Metode Pendekatan Untuk Menyelesaikan Permasalahan Mitra, Tahap Pelaksanaan terdiri dari Tahap Persiapan, Tahap Wawancara, Tahap Persiapan Aplikasi, Tahap pelaksanaan pelatihan dan Tahap Evaluasi
   Hasil pengabdian masyarakat adalah  banyak keuntungan yang bisa di dapatkan dengan menguasai aplikasi microsoft office, diantaranya bisa bekerja sebagai entry data. Pekerjaan entry data tidak hanya ada di perusahaan, di sekolah ataupun lembaga pendidikan seperti tempat kursus atau universitas pasti membutuhkan orang-orang yang mempunyai skill microsoft office 2016.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles