MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEXT DESKRIPSI MELALUI STRATEGI KOLABORATIF DI SMP SWASTA YABES SCHOOL MEDAN

Main Article Content

AZHARI P SWONDO RAHAYU SYAFITRI

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Banyak factor yang memengaruhinya proses interaksi, baik faktor internal yang datang dari dalam individu maupun factor eksternal yang datang dari lingkungan. Keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti strategi  pembelajaran, staretegi  dan pendekatan pembelajaran, serta sumber belajar yang digunakan baik dalam bentuk buku, modul, lembar kerja, maupun media. Penggunaan strategi    dalam pembelajaran dapat membantu keterbatasan pendidik dalam menyampaikan informasi maupun keterbatasan jam pelajaran di kelas. Strategi   memilili tujuan yaitu membantu siswa mengembangkan kemampuan individu siswa agar mampu menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil wawancara langsung dengan salah satu guru di sekolah SMP Yabes School Medan, menyatakan bahwa masih banyak permasalahan yang dialami oleh siswa dalam menulis text deskripsi. Masalah pertama adalah bahwa siswa mudah bosan dan tidak tertarik untuk menulis, dan selain itu guru menggunakan strategi tradisional seperti instruksi menulis bebas, masalah kedua adalah ada begitu banyak kesalahan dalam kosa kata, ejaan dan tata bahasa karena mereka belum menguasainya dengan baik. Jadi berdasarkan penjelasan di atas, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran kolaboratif pada siswa prestasi belajar menulis teks deskriptif kolaboratif strategi yang efektif untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles