STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM HALAL BERBASIS ECCOMERCE DALAM MEMPERLUAS PEMASARAN
Main Article Content
Abstract
Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia memainkan peran penting dalam perekonomian negara, mulai dari produksi hingga penyerapan tenaga kerja dan impor luar negeri. Penelitian menggunakan metode kepustakaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk membawa ide-ide relevan untuk UMKM Halal yang ada di Indonesia. Hasil penelitian ini menemukan strategi UMKM Halal dalam pengembangan dan menghadapi persaingan global ialah dengan meningkatkan sertifikasi produk halal, meningkatkan kualifikasi tenaga UMKM Halal dengan menggunakan teknologi terkini yang efektif, memperkuat keterkaitan dengan industri, diversifikasi produk halal, serta penguatan peran fintech dan Pemerintah ikut andil dengan memberikan peluang untuk UMKM berupa pendaftaran gratis sertifikat halal. Alasan UMKM harus menggunakan eccomerce untuk memasarkan produk halal adalah 1) untuk promosi produk UMKM secara online, 2) biaya promosi murah dan dapat disesuaikan dengan budget, 3) aplikasi ecommerce mudah digunaka, 4) berjualan pada ecommerce memicu kompetisi pasar, 5) tren penggunaan aplikasi ecommerce.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles