Pelatihan Penerapan Augmented Reality Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran Untuk Pendidikan Dan Kebudayaan Di Pustekkom Kemendikbud

Main Article Content

Mulia Sulistiyono

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan Augmented Reality (AR) untuk membuat alternatif pengajaran dalam pendidikan semakin meningkat. PUSTEKKOM (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan unit kerja pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki fungsi salah satunya mengembangkan media pembelajaran untuk pendidikan dan kebudayaan berbasis radio, televisi, film, multimedia, dan web. Untuk mendukung fungsi tersebut diadakan pelatihan penggunaan Augmented Reality untuk mengembangkan media pembelajaran untuk pendidikan dan kebudayaan.
Dalam Pelatihan ini para peserta diajarkan mengenal Teknologi Augmented Reality, membuat Object 3 Dimensi (3D), membuat Desain Marker, dan membuat Aplikasi Augmented Reality. Materi yang diberikan diharapkan mampu membantu untuk mensimulasikan pembelajaran menjadi sangat mudah serta Augmented Reality dapat digunakan sebagai solusi alternatif media untuk pengembangan teknologi pembelajaran untuk pendidikan dan kebudayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles