JED : Jurnal Entrepreneurship Digital https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed <p>Jurnal Penelitian ini adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh &nbsp;Penelitian&nbsp;dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR&nbsp;terbit 2 kali dalam satu tahun, setiap bulan Juni dan Desember</p> en-US cucut@undipa.ac.id (Cucut Susanto) Wed, 06 Mar 2024 04:23:00 +0000 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Abon Ikan Cakalang di Kota Bitung https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1482 <p>Dalam rangka meningkatkan keputusan pembelian produk abon ikan pada Kota Bitung yang berjuluk Kota Cakalang maka tujuan dari penelitian adalah menganalisis Strategi Pemasaran SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) terhadap Keputusan Pembelian Produk Abon Ikan Cakalang di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Manado). Jenis Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan pemahaman mengenai fenomena yang terjadi saat ini. Subjek dari penelitian ini adalah 10 orang penjual dan 10 orang konsumen produk abon ikan cakalang yang ada di Kota Bitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk abon ikan cakalang sebagai berikut : Kekuatan (Strength) dari bahan yang digunakan untuk pembuatan Abon adalah Ikan Cakalang segar yang berkualitas serta harga yang ditawarkan merupakan harga yang sangat ekonomis, sesuai dengan kemampuan pembeli di Kota Bitung. Kelemahan (Weakness) abon ikan cakalang merupakan olahan rumah sehingga tidak terlalu dikenal sebagai produk yang dijual. Kesempatan (Opportunities) Abon ikan cakalang adalah produk baru yang memiliki peluang bisnis yang sangat bagus dengan prospek yang baik di Kota Bitung yang merupakan kota industri perikanan. Ancaman (Threats) Pesaing sejenis yang berada di lingkungan yang sama, sehingga harus ada Inovasi untuk bisa menarik pelanggan dan menentukan lokasi penjualan baru yang lebih strategis dan mudah dijangkau.</p> Fransiska Thalib, Husnul Muamilah, Fachriyahthul Jannah ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1482 Wed, 06 Mar 2024 00:00:00 +0000 Strategi Menciptakan Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Disaya Laundry https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1483 <p>Kepuasan pelanggan merupakan perasaan senang atau kecewa yang dirasakan oleh pelanggan setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja suatu produk atau layanan dengan harapan-harapannya. Secara sederhana, kepuasan pelanggan dapat diartikan sebagai sejauh mana pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang mereka terima. Pelanggan yang merasa puas dengan produk atau layanan cenderung akan melakukan pembelian ulang dan menjadi pelanggan setia. Sebaliknya, pelanggan yang merasa tidak puas akan cenderung beralih ke produk atau layanan lain.Kepuasan pelanggan merupakan faktor penting dalam keberhasilan bisnis. Bisnis yang mampu memberikan kepuasan pelanggan yang tinggi akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bertahan dan berkembang. Kepuasan&nbsp; pelanggan adalah jantung bisnis yang memompa kesuksesan.Ketika Pelanggan puas, mereka akan kembali lagi, membeli lebih banyak, bahkan jadi promotor. Reputasi pun meningkat, menarik pelanggan baru dan menekan biaya pemasaran.</p> Angela Ghiriani Patricia, Fatmasari Fatmasari ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1483 Wed, 06 Mar 2024 00:00:00 +0000 Aspek-Aspek Pengembangan Buku Pegangan Dasar-Dasar Belajar Bahasa untuk Segala Usia https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1484 <p>Media pembelajaran adalah alat yang digunakan pengajar untuk menjelaskan materi di kelas, yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, dan perasaan pembelajar, sehingga mendorong dan memicu proses belajar. Oleh karena itu pengajar bahasa Inggris untuk pelajar muda harus menciptakan media belajar yang menyenangkan dengan fitur, teknik dan metode untuk menarik perhatian pembelajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain media pembelajaran berupa buku pegangan yang bisa metransfer ilmu lebih efektif dan efisien dengan fokus pada penentuan aspek-aspek pentingnya. Penelitian ini menggunakan metode R&amp;D yang berfokus pada tahap awal dimana tahap awal berisi proses pengumpulan data dari analisis kebutuhan dan berisi konsep atau poin penting dalam pengembangan buku pegangan.Data yang diperoleh bersumber dari observasi, analisis teori dan analisis dokumen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang sebuah media pembelajaran berupa buku pegangan harus melalui beberapa tahapan penting dan mempertimbangkan teori-teori terbaru serta kebutuhan pembelajar. Ada beberapa aspek penting yang ditemukan dalam merancang sebuah buku pegangan yaitu : 1. Aspek materi 2. Aspek tampilan 3. Aspek Evaluasi 4. Aspek Fitur 5. Aspek Hiburan 6. Aspek Pendukung.Dengan mempertimbangkan kesemua aspek tersebut maka diharapkan sebuah buku pegangan dapat sangat membantu proses pembelajaran. Diharapkan pula kedepannya peneliti mampu melanjutkan proses pengembangan ini hingga proses penciptaan prototipe buku pegangan bisa tercipta yang nantinya sudah teruji melewati proses-proses pengembangan.</p> Fadel Muslaini Fadel Muslaini ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1484 Wed, 06 Mar 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tana Toraja https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1485 <p>Penelitian ini dilakukan pada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tana Toraja, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan <em>Enterprise Resource Planning</em> (ERP) yang terdiri dari (penggunaan sistem oleh seluru staf, dukungan manajemen puncak, relasi yang baik antara perusahaan dengan vendor ERP, pelatihan dan testing sistem ERP, digitalisasi dan otomatisasi, dan digitalisasi dan otomatisasi<em>)</em>terhadap Kinerja Pegawai.Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah pegawai yang ada pada dinas ketenagakerjaan kabupaten Tana Toraja yakni sebanyak 85 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sehingga sampel penelitian adalah sebanyak 85 orang. Adapun hasil penelitian ini adalah1) Penggunaan sistem oleh seluru staf (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, 2) Dukungan manajemen puncak (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, 3) Relasi yang baik antara perusahaan dengan vendor ERP (X3) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, 4) Pelatihan dan testing sistem ERP (X4) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, dan 5) Digitalisasi dan otomatisasi (X5) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.</p> Hasniaty Hasniaty, Asran Asran, Muhammad Dahri, Silvi Kana ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1485 Wed, 06 Mar 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Aplikasi DIGIDES Dalam Bidang Pelayanan Bagi Warga Desa https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1486 <ol> <li>Digital Desa indonesia (DIGIDES) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan platform tata kelola desa yang menawarkan sejumlah layanan seperti sistem informasi pembangunan desa, administrasi, kependudukan, pelayanan publik, anggaran, dan berbagai layanan lainnya. Dan salah satu kegunaan dari perusahaan DIGIDES adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan solusi inovatif untuk mendukung transformasi digital di lingkungan pedesaan di Indonesia, dan salah satu fitur dari perusahaan DIGIDES adalah administrasi desa, yang beermanfaat untuk mendukung fungsi dan tugas kantor desa termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pelaporan aset, dan aplikasi surat menyurat desa.</li> </ol> Muh. Fahrul Zaman, Nasaruddin Nasaruddin ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1486 Wed, 06 Mar 2024 00:00:00 +0000 Penerapan User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi Heejau (Perhitungan Karbon) https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1487 <p>Salah satu fitur yang dimiliki aplikasi heejau yaitu bisa menghitung karbondioksida yang telah diserap oleh tanaman hanya dengan menginput tinggi tanaman dan diameter batang tanaman dengan tujuan menggabungkan.kepedulian lingkungan dengan manfaat nyata bagi pengguna. Aplikasi ini dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dan membantu dalam upaya perlindungan lingkungan. Dengan mengukur dampak karbon yang dihasilkan oleh tanaman, pengguna dapat merasa bahwa mereka berkontribusi pada perubahan positif dalam lingkungan. Jadi aplikasi ini memerlukan pengembangan desain antar muka (user interface) yang baik untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). Dalam merancang aplikasi UI/UX heejau yang berbasis mobile menggunakan metode User Centered Design (UCD) yang merupakan konsep perancangan berpusat pada pengguna. Menjadikan perancangan desain user interface tak hanya berfokus hal estetika desain, namun juga memperhatikan pengalaman pengguna.</p> Ibnu Kholiq, Aprizal Aprizal ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jed/article/view/1487 Wed, 06 Mar 2024 00:00:00 +0000
?>