Aspek-Aspek Pengembangan Buku Pegangan Dasar-Dasar Belajar Bahasa untuk Segala Usia
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran adalah alat yang digunakan pengajar untuk menjelaskan materi di kelas, yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, dan perasaan pembelajar, sehingga mendorong dan memicu proses belajar. Oleh karena itu pengajar bahasa Inggris untuk pelajar muda harus menciptakan media belajar yang menyenangkan dengan fitur, teknik dan metode untuk menarik perhatian pembelajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain media pembelajaran berupa buku pegangan yang bisa metransfer ilmu lebih efektif dan efisien dengan fokus pada penentuan aspek-aspek pentingnya. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang berfokus pada tahap awal dimana tahap awal berisi proses pengumpulan data dari analisis kebutuhan dan berisi konsep atau poin penting dalam pengembangan buku pegangan.Data yang diperoleh bersumber dari observasi, analisis teori dan analisis dokumen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang sebuah media pembelajaran berupa buku pegangan harus melalui beberapa tahapan penting dan mempertimbangkan teori-teori terbaru serta kebutuhan pembelajar. Ada beberapa aspek penting yang ditemukan dalam merancang sebuah buku pegangan yaitu : 1. Aspek materi 2. Aspek tampilan 3. Aspek Evaluasi 4. Aspek Fitur 5. Aspek Hiburan 6. Aspek Pendukung.Dengan mempertimbangkan kesemua aspek tersebut maka diharapkan sebuah buku pegangan dapat sangat membantu proses pembelajaran. Diharapkan pula kedepannya peneliti mampu melanjutkan proses pengembangan ini hingga proses penciptaan prototipe buku pegangan bisa tercipta yang nantinya sudah teruji melewati proses-proses pengembangan.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles