Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma C.45 Dalam Menentukan Pola Pembelian Pakaian Syar’i Yang terjual

Main Article Content

Happy.T Happy.T Dinda Pingsimoni Indra Samsie Nurul Aini

Abstract

Toko Rabbani Urip merupakan salah satu toko di Kota Makassar yang melayani penjualan pakaian syar’i konsumen. Selama ini pengadaan pakaian syar’i pada Toko Rabbani dilakukan tanpa menerapkan metode untuk memprediksi akan kebutuhan pakaian syar’i diminati oleh konsumen berdasarkan data penjualan bulan-bulan sebelumnya. Oleh karena belum diterapkannya metode prediksi pola pembelian konsumen pada Toko Rabbani Urip, mengakibatkan pihak toko sering membeli/memesan produk syar’i yang kurang diminati konsumen ke pabrik atau supplier. Dengan adanya pemesanan produk pakaian syar’i yang kurang diminati oleh konsumen dapat menyebabkan tumbukan pakaian di gudang yang tentunya akan menambah biaya persediaan serta dapat merugikan pihak toko pakaian syar’i. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengimplementasikan algoritma C.45 dalam sebuah aplikaasi penentuan pola penjualan pada Toko Rabbani Makassar. Sistem yang dirancang terdiri dari 22 rancangan input, 7 rancangan tabel basis data, dan menghasilkan 7 rancangan output. Berdasarkan hasil pengujian black-box testing terhadap pengujian black-box terhadap ke-21 modul dalam sistem pengenalan nota penjualan Toko Rabbani Urip Makassar menggunakan algoritma C.45 maka disimpulkan bahwa sistem  secara keseluruhan  telah bekerja sesuai dengan yang diharapkan.
 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles