Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Bulukumba Berbasis Web

Main Article Content

Muhammad Issyar Mubarak Opu Aprizal Aprizal Heriadi Heriadi Nurdiansah Nurdiansah

Abstract

Bisnis oleh-oleh khas daerah lokal menjadi salah satu bidang bisnis yang cukup popular dikalangan masyarakat hingga ke daerah dan pedesaan.Seperti di kabupaten Bulukumba yang dikenal sebagai penghasil Perahu Phinisi dan telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).Hal tersebut salah satu pendorong cenderamata miniatur phinisi menjadi modal utama untuk dilestarikan dan dikembangkan, namun belum tertangani secara maksimal dibagian penjualan (marketing). Proses penjualan cenderamata hingga kuliner masih didominasi dengan proses penjualan dengan konsep klasik alias dijual langsung oleh pengrajin dan pengusaha kuliner. Platform digital yang mampu menampung dan mengintegrasi pelaku Usaha Menengah Kebawah Masyarakat (UMKM) khususnya yang ada di pedesaan untuk dapat menjadi terobosan dalam membantu pelaku usaha mencapai pemasaran yang tidak hanya berpusat didesanya masing-masing.Namun dengan kehadiran sebuah platform dapat menjadi jalan dan ruang bersama menjajaki ruang pasar.Salah satunya dengan penerapan Aplikasi Marketplace yang muda diakses oleh masyarakat lokal hingga para wisatawan nasional dan mancanegara yang masuk di Bulukumba.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles