Perancangan Aplikasi Penanganan Keluhan Menggunakan Algoritma Case-based Reasoning(CBR) Pada Puskesmas Antara BerbasisWeb Service

Main Article Content

Muhammad Muheyder Cam Erlangga Agung Yuzar Ahmad Ahmad Ahyuna Ahyuna

Abstract

Puskesmas Antara, Kota Makassar yang merupakan salah satu puskesmas yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan III, Komplek  BTN Antara  Blok B. 10 No. 6, Daya  Kota Makassar saat ini persoalan yang dihadapi yaitu pihak manajemen hanya mengandalkan beberapa orang sajayang dianggap mampu untuk menangani keluhan dari pasien atau pengunjung, hal ini dikarenakan belum adanya sebuah metode yang tepat untuk menyimpan semua data yang dimiliki oleh masing- masing pegawai untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Salah satunya yaitu pendukung keputusan guna membantu masyarakat, khususnya pasienya itu merancang aplikasi berbasis android dalam penanganan keluhan pelayanan poli umum menggunakan metode Case-Based Reasioning (CBR) dalam meninjau kembali solusi yang diusulkan kemudian diuji coba pada kasus nyata (simulasi), sehingga menghasilkan usulan solusi yang diperlukan suatu adaptasi dengan masalah yang baru tersebut dan bagi pihak dari Puskesmas Antara menggunakan aplikasi berbasis web untuk mengelola data keluhan pelayanan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles