Implementasi Algoritma K-Means Untuk Aplikasi Pengenalan Karakteristik Transaksi Costumer Berbasis Web Pada Toko Maya
Main Article Content
Abstract
Dalam membangun sebuah usaha dibutuhkan suatu sistem untuk mengatur segala kebutuhan dari usaha tersebut. Tidak terkecuali dengan usaha penjualan pada sebuah toko. Toko Maya merupakan salah satu dari sekian banyak toko yang tidak memiliki sistem dalam mendistribusikan barang ke gudang sesuai kelompok barang berdasarkan transaksi yang terjadi tiap bulannya sehingga peneliti ingin merancang sebuah sistem dalam mengelompokkan barang laku dan kurang laku sesuai transaksi yang terjadi. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian di susun berdasarkan nama barang, harga barang dan jumlah transaksi yang terjadi tiap bulannya selama 1 tahun, lalu data tersebut di kerjakan sesuai ketentuan rumus Algoritma K-Means untuk mengelompokkan barang laku dan kurang laku yang hasilnya di masukkan kedalam sistem aplikasi berbasis web. Dari hasil penelitian ini, didapat bahwa untuk mengelompokkan barang laku atau kurang laku pada Toko Maya harus memenuhi jumlah minimum transaksi kategori barang sesuai ketentuan rumus Algoritma K-Means. Peneliti berharap sistem yang kami rancang dapat membantu toko maya dalam menjalankan usahanya.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles