Analisis Pengaruh Aplikasi Ruangguru Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa

Main Article Content

St Azizah Berliana Aprianti Gabriela Bumbungan Irsal Irsal Nirwana Nirwana

Abstract

Banyak institusi pendidikan di Indonesia yang sudah menggunakan media online untuk mendukung pembelajaran, seperti platform pembelajaran digital Ruangguru. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data berbentuk angka atau data kuantitatif. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah variabel dependen (motivasi dan prestasi) dan independen (pertanyan-pertanyaan pada kuesioner). Dimana belum tersedia aplikasi yang menilai pengaruhnya terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensia, dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Pemakaian aplikasi ruangguru memberikan pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa dimana taraf signifikannya kurang dari 0,05, Pemakaian aplikasi ruangguru memberikan pengaruh yang positif terhadap nilai prestasi belajar siswa dimana taraf signifikannya kurang dari 0,05, Perbedaan jurusan yang diambil siswa tidak memberikan perbedaan terhadap motivasi belajar dan nilai prestasi belajar siswa, Interaksi antara jurusan dan status pemakaian aplikasi ruangguru tidak memberikan perbedaan yang nyata terhadap motivasi belajar dan nilai prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles