Analisis Minat Penggunaan Fasilitas Aplikasi Pospay Menggunakan Metode TAM (Studi Kasus Kantor Pos Pusat Makassar)

Main Article Content

Umi Kalsum Keren Klevia Thomas Yesaya Tommy Paulus Samsu Alam

Abstract

Pospay merupakan salah satu jenis pelayanan berbasis rekening Giropos yang diluncurkan oleh PT Pos Indonesia (Persero). Aplikasi yang bergerak di bidang jasa keuangan yang baru diluncurkan pada tanggal 13 April 2021. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat pegawai dan masyarakat terhadap aplikasi Pospay dengan menggunakan metode analisis penerimaan sistem informasi, yaitu Technology Acceptance Model (TAM), sehingga faktor – faktor yang mempengaruhi pegawai kantor Pos dan masyarakat umum dalam menggunakan aplikasi pospay dapat diketahui. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dimana data yang digunakan diperoleh langsung dari Kantor Pos Pusat Makassar dengan menyebarkan kuesioner kepada 140 responden. Dari enam variabel TAM yang digunakan dalam penelitian ini serta pengujian hipotesis yang dilakukan terhadap variabel yang digunakan, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa pengguna dalam hal ini pegawai kantor Pos dan masyarakat umum menilai bahwa aplikasi pospay memberikan informasi layanan kantor pos yang up to date dan akurat sebesar 62% - 81%, aplikasi Pospay mudah digunakan sebesar 60% - 160%, dan aplikasi Pospay bermanfaat sebesar 70% - 162% sehingga dapat meningkatkan minat untuk menggunakan aplikasi Pospay.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles