Sistem Pelaporan Gangguan Jaringan Telkom Dengan Metode Apriori dan Generalized Rule Induction

Main Article Content

Nasrum Nasrum Zulkarnain Zulkarnain Nurdiansah Nurdiansah

Abstract

Telkom merupakan salah satu penyedia jasa layanan internet yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam menunjang mobilitas sehari-hari. Permasalahan yang dihadapi pihak teknisi saat ini pada saat terjadi gangguan jaringan adalah harus melakukan pengecekan secara fisik terlebih dahulu untuk dapat menentukan jenis gangguan yang terjadi. Permasalahan seperti ini dapat dioptimasi dengan menggunakan histori gangguan jaringan sebelumnya untuk menemukan pola jenis permasalahan yang paling medekati masalah yang permasalahan yang sedang terjadi. Metode apriori digunakan untuk menemukan frequent itemset yang dijalankan pada sekumpulan data histori gangguan jaringan (jenis perangkat, kondisi perangkat, perbaikan perangkat dan lain-lain). Apriori merupakan sebuah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiasi (association rules) yang berkenaan dengan studi tentang ‘apa bersama apa’ atau yang menghubungkan suatu kombinasi gangguan jaringan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pelaporan Gangguan Jaringan Metode Apriori dan Rule Induction dapat dijadikan acuan pada teknisi terkait pekerjaan perbaikan gangguan jaringan yang dilaporkan oleh pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles